• (022) 6642036
  • kpm@cimahikota.go.id

KOTA CIMAHI SEBAGAI TUJUAN INVESTASI TERBAGUS

Kota Cimahi berada pada lokasi yang sangat strategis, terletak di persimpangan jalur kegiatan ekonomi regional Jawa Barat. Dalam konteks Bandung Raya, Kota Cimahi berbatasan langsung dengan Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Kota Cimahi memiliki kemudahan akses dan dapat di tempuh baik melalui jalan tol atau jalur kereta api.
Cimahi telah lama dikenal sebagai kota industri, terutama industri tekstil dan manufaktur. Pada saat ini, perekonomian Kota Cimahi bertumpu pada sektor industri dan sektor perdagangan dan jasa. Kedua sektor ini telah tumbuh dan menyumbangkan lebih dari 80 persen total pendapatan produk domestik bruto (PDRB) Kota Cimahi.
Dengan sumber daya manusia yang berlimpah, fokus pengembangan ekonomi lokal Kota Cimahi diarahkan pada pemberdayaan komunitas dengan fokus penguatan empat klaster potensial yaitu tekstil dan produk tekstil (TPT), kerajinan, makanan dan minuman, serta teknologi informasi dan komunikasi. Sebagai kota yang terus berkembang, Kota Cimahi telah menjadi kota tujuan investasi bagi para pelaku usaha khususnya dalam bidang industri, perdagangan dan jasa.

POSISI STRATEGIS DAN KEMUDAHAN AKSES

Gerbang Tol Baros merupakan gerbang masuk ke Kota Cimahi. Sebagai bagian dari Koridor Telematika yang meghubungkan Jakarta–Cimahi-Bandung, kemudahaan akses menuju Kota Cimahi ini didukung dengan adanya jalan tol dan juga jalur kereta api.
Gedung BITC (Baros Information Technology and Creative Center ) yang terletak di Kawasan Baros diharapkan dapat memicu bangkitnya aktifitas ekonomi kota khususnya di bidang industri kreatif dan telematika.
Kawasan Baros merupakan Center Business District (Pusat Kegiatan Bisnis) baru yang sedang terus berbenah dan membangun infrastruktur yang memadai untuk mewujudkan Cimahi sebagai Kota Kreatif.

PENGEMBANGAN KLASTER INDUSTRI POTENSIAL

Kontribusi sektor industri pengolahan terhadap PDRB rill Kota Cimahi cukup besar yaitu mencapai 61.8%. Kontribusi sektor manufaktur menunjukkan bahwa perekonomian Kota Cimahi masih bertumpu pada sektor industri khususnya industri tekstil dan produk tekstil lainnya.
Jika dilihat dari data PDRB rill per sub sektoral maka dapat diketahui bahwa sub sektor dengan kontribusi terbesar adalah sub sek-tor Tekstil, Barang Kulit dan Alas Kaki dengan nilai rata-rata kon -tribusi sebesar 53.09% dengan laju pertumbuhan sebesar 5.54%.
Sub sektor industri manufaktur yang memberikan kontribusi ter-besar kedua adalah Makanan, Minuman dan Tembakau dengan rata-rata kontribusi sebesar 3.79%.
Kerjasama antara Pemerintah Kota Cimahi dan USDRP telah merumuskan Kebijakan Ekonomi Lokal melalui Potensi industri berdasarkan empat Klaster utama, yaitu:

  1. Klaster Industri Makanan dan Minuman
  2. Klaster Industri Kerajinan
  3. Klaster Industri Tekstil dan Produk Tekstil
  4. Klaster Industri Telematika

PROFIL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KOTA CIMAHI

NO PRODUK JUMLAH JUMLAH TENAGA KERJA
1 PAKAIAN 367 1805
2 JASA 1534 3018
3 KERAJINAN 568 1908
4 MAKANAN 3097 8045
5 WARUNG, TOKO DAGANG 1553 3994
JUMLAH 7119 18770

Sumber Profil UMKM 2013, Dinas Koperasi Industri Perdagangan danPertanian Kota Cimahi

RUMAH PAJANG FORUM KEMITRAAN PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL

Forum Pengembangan Kemitraan Ekonomi Lokal Cimahi yang diprakarsai oleh Pemerintah, pelaku usaha dan lembaga swa daya masyarakat membuka Gerai Pajang yang menjadi wadah untuk menampilkan produk-produk unggulan Kota Cimahi di empat klaster potensial yaitu tekstil dan produk tekstil, makanan minuman , kerajinan dan telematika, bertempat di Jalan SMP Nomor 1 Cimahi.

KANTOR PENANAMAN MODAL KOTA CIMAHI
Jl. Raden Demang Hardjakusumah Blok Jati Gedung B Lt. II, Cimahi 40513
Telp. (022) 6642036 Fax (022) 6642036 Psw. 206
Website: http://kpm.cimahikota.go.id
email: kpm@cimahikota.go.id

© 2014, Allright reserved.